Webstore Hobi Koleksi Uang Kuno Indonesia dan Mancanegara

Webstore Hobi Koleksi Uang Kuno Indonesia dan Mancanegara
Buat Yang Mau Mulai Koleksi dan Mau Nambahin Koleksi Uang Kuno nya Silahkan Mampir di WARUNG ONLINE Terbaru Kami...BELANJA MUDAH DAN MURAH hanya di KUNO-KINI

Cari di Blog ini

Memuat...

17 Juli 2009

Koleksi Uang Kuno Mendatangkan Keuntungan

Koleksi Uang Kuno Mendatangkan Keuntungan

www.wawasandigital.com - DUNIA numismatika tidak hanya memberikan keasyikan tersendiri bagi kolektornya, tapi juga menjanjikan keuntungan materiil yang menggiurkan. Di balik ke-kuno-an uang-uang tersebut, menyimpan sumber penghasilan yang sangat luar biasa.
Coba cermati, meski nilai nominal pada uang kuno itu ’tak seberapa’, di kalangan penggila numismatika bisa terjual dengan harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Soal numismatik menjadi sumber keuntungan selain untuk memenuhi gelegak hobi, dituturkan FX Andriyanto, numismator asal Kota Semarang ini. Dia mengungkapkan, dirinya pernah menjual selembar uang kuno kertas dengan harga sekitar Rp 10 juta. Itu baru satu kali transaksi, padahal Andriyanto sendiri sudah menggeluti bisnis jual beli uang kuno tersebut selama puluhan tahun.
’’Dari uang-uang kuno itu, saya bisa menyekolahkan anak-anak, memiliki rumah, dan memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Selain memenuhi keasyikan hobi, uang kuno ini benar-benar mendatangkan keuntungan materiil yang lumayan. Kuncinya, tekun, teliti, dan sabar untuk terus belajar anatomi uang kuno,” saran pemilik warung bakso di Jalan Rejosari VII ini.

Potensial
Menurut Andriyanto, menilik sejarah bangsa ini, yakni menjadi jajahan negara asing dan beberapa kali mengalami pergantian pemerintahan, membuat Indonesia menjadi tempat potensial untuk perkembangan dunia numismatika.
’’Tinggi-rendahnya nilai uang kuno dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, tingkat kelangkaan barang, kondisi fisik dan munculnya kolektor baru yang memburu seri mata uang tertentu,” jelas Andriyanto, yang memiliki koleksi uang kuno kertas ratusan ribu lembar dan puluhan ribu keping jenis koin ini.

Jadi, belum tentu uang kuno yang umurnya lebih tua pasti laku lebih mahal. Kondisi fisik yang rusak, lusuh atau cacat akan mengurangi nilainya. Itulah sebabnya, banyak orang yang terpincut memburu uang kuno jenis UNC (uncirculation) yang peredarannya bersifat bank to bank. Karena tidak beredar di masyarakat, kondisi uang kuno UNC lebih bagus. ’’Kalau kondisi fisiknya jelek, harga uang kuno tinggal seperlimanya dari harga di pasaran,” imbuh Andriyanto.
Sementara itu, Agustinus, kolektor uang kuno juga dari Kota Semarang berbagi pengalaman. Menurut dia, karakter investasi uang kuno mirip perpaduan main saham dan properti. Untuk itu, bermain uang kuno pun perlu trik tertentu.

’’Perhatikan bagaimana tingkat ketertarikan masyarakat terhadap mata uang itu. Jika banyak peminatnya, berarti potensi harganya bagus. Lalu bagaimana motif gambarnya, apakah punya nilai sejarah yang tinggi dan langka. Jangan lupa, cermati siapa penerbit uang kuno itu,’’ pesannya.

Diungkapkannya, beberapa percetakan luar negeri sempat mencetak mata uang RI sehingga kualitasnya internasional dan harganya tinggi, misalnya Thomas Bellaru dari Inggris mencetak uang Republik tahun 1951, American Bank Note tahun 1943 dan percetakan dari Belanda. Ully Manik-Yn

3 komentar:

arif budi mengatakan...

saya punya uang soekarno dengan nilai 5000 rupiah, tahun 1964. saya juga berniat untuk menjualnya.
uang saya itu juga bisa melengkung sendiri juga ada lafadz ALLAH dan KUN FAYAKUN. bisa dicek keasliannya dan dipertanggung jawabkan. bila ada yang berminat hub nomor telp berikut : 081399347995 / 021-99404633.
terima kasih.

arif budi mengatakan...

saya juga memiliki uang benggol sebanyak 10 keping pecahan 2 1/2 gulden di antara lain :

- 5 keping thn 1816

- 3 keping thn 1818

- 2 keping thn 1919

di uang kepingan tersebut bertuliskan willem koning dan wihelmina koningin der nederlanden.

uang ini bukan hanya tahun nya yang tua tetapi angka tahun yang hoki.

boleh dicek keasliannya.

bila berminat hubungi nmor telp : 081399347995/021-99404633 atau lewat email : herr.abidgibran@gmail.com.



terima kasih.

Muhammad Andi mengatakan...

Bos..Mohon izin, sy copy materinya ytk blog saya y..Ma kasih..!

Poskan Komentar

Silahkan Berikan Komentar/Testi/Komplain Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.