Webstore Hobi Koleksi Uang Kuno Indonesia dan Mancanegara

Webstore Hobi Koleksi Uang Kuno Indonesia dan Mancanegara
Buat Yang Mau Mulai Koleksi dan Mau Nambahin Koleksi Uang Kuno nya Silahkan Mampir di WARUNG ONLINE Terbaru Kami...BELANJA MUDAH DAN MURAH hanya di KUNO-KINI

Cari di Blog ini

14 Desember 2009

HATI-HATI PENIPUAN GAYA BARU DI DUNIA NUMISMATIK !!!

Ada info terbaru neh buat semua pencinta numismatik di tanah air...semakin banyak sekarang ini modus operandi penipuan yang terbaru adalah dengan menawarkan uang kuno dengan jenis langka tetapi harga nya jauh dibawah harga pasaran.

Informasi ini wajib saya sebar luas kan agar semua rekan-rekan kita sesama numismatis tidak lagi terperangkap oleh tipu daya para mafia ini.

Berikut saya kutip dari situs uang-kuno.com

Pada tanggal 6 Desember 2009 saya mendapatkan email yang berisi :

Selamat sore ana Rahmat mau menawarkan uang kuno jk trtrk hub ana kembali; 081958004XXX
Rahmat Abdullah <jadulah77@yahoo.com
Terdapat dua gambar yang dikirimkan bersamaan dengan emailnya.




Gambar pertama


Gambar kedua

Siapa yang tidak tertarik melihat tawaran uang-uang tersebut?
Tampak ada Coen 10, 100, 200 dan 1000. Juga ada wayang 200 dan 1000. Belum lagi komodo dan wayang 50 nya. Pokoknya sepintas sangat menantang untuk ditindaklanjuti.

Tetapi setelah saya amati dengan cermat, terlihat beberapa kejanggalan:

1. Coen 200

Coba perhatikan baik2, bentuknya, bukankah uang ini yang saya jadikan contoh di halaman pertama website http://www.uang-kuno.com/ ? Bagaimana uang milik saya bisa ada sama dia?



Saya perbesar nomor serinya, huruf RZ di depan sengaja diubah menjadi BZ (tidak ada Coen 200 bernomor seri BZ, nomor seri Coen mempunyai pola aturan tertentu dan akan dijelaskan kemudian).




Bandingkan dengan gambar aslinya.




2. Wayang 200
Seperti juga dengan kejadian di atas, ternyata gambar diambil dari website http://www.uang-kuno.com/

Perhatikan nomor serinya SW 010451.




Bandingkan dengan aslinya yang masih ada di tangan saya, nomor seri SV 01045 (SV diubah menjadi SW) dan ditambahkan angka satu dibelakangnya.




Bila diperhatikan lebih lanjut tampak pula adanya sisi berwarna putih di bagian atas kiri gambar, mungkin sisa kertas HVS yang belum terpotong sempurna (lihat gambar bawah)




3. Coen 100
Tampak nomor seri yang ditambahkan angka satu di bagian belakangnya, dilakukan dengan cara amat kasar.


4. Uang2 lainnya
Silahkan teman2 perhatikan dengan teliti masing2 uang tersebut! Semuanya memiliki kejanggalan.

Dari bukti2 tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa semua gambar yang ditampilkan oleh bapak Rahmat Abdullah adalah gambar yang dicetak di atas kertas biasa, alias PALSU.

Kemudian, saya menelpon ybs dan menanyakan dimana dan darimana dia bisa mendapatkan uang2 tersebut, katanya dia tinggal di daerah Lampung dan uang2 tersebut merupakan peninggalan kakeknya. Tampak dari alas koran yang dipergunakan pada kedua gambar terdapat kata Palembang dan telpon berkode area 0711 (kode kota Palembang).

Saya tidak mau lagi berurusan panjang lebar dengan dia, yang ingin saya katakan kepada teman-teman semua adalah : SELALU BERHATI-HATI DENGAN SEGALA BENTUK TAWARAN, JANGAN MUDAH TERPANCING DENGAN BARANG YANG DITAWARKAN APALAGI YANG BERHARGA MURAH.

Banyak sekali para penipu yang berkeliaran di luar yang memanfaatkan keserakahan, kerakusan, dan ketidaktahuan kita. Contoh ini adalah satu dari sekian banyak cara yang digunakan oleh para penipu, banyak sekali contoh2 lainnya yang pada saatnya nanti akan saya tampilkan secara jelas satu persatu.

Kepada bapak-bapak yang mengaku bernama Rahmat Abdullah yang berasal dari Lampung atau Palembang atau dari manapun yang berkeinginan untuk menipu, cepat atau lambat kedok kalian akan terbuka. Dan bersama dengan ini saya sengaja mempublikasikan nomor telpon dan email bapak, supaya bapak sadar bahwa cara yang bapak lakukan adalah cara yang tidak benar.

Bila ada diantara teman2 yang menerima tawaran serupa, silahkan diceritakan pengalamannya agar kita semua menjadi lebih mawas diri dan selalu berhati-hati.

Salam numismatik

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat siang pak!
terima kasih atas info nya, saya rasa itu sangat bermanfaat buat pemula seperti saya .
oya disini ada hal yg ingin saya pertanyakan mengenai keaslian/palsu.
saya ada kenalan di FB berasal dr Malaysia. kmrn dia tag foto kpd sy dan teman² lain,sebuah gambar dari uang logam Malaysia nominal 20 cent thn 2602(1942). menurut saya ada keganjangalan disana.bukankah nama negara malaysia resmi dipakai semenjak tahun 1960an ? krn menurut pengetahuan saya nama negara malaysia lama adalah Malaya.jd bagaimana mungkin ada coin cetakan thn 2602(1942) Bernama MALAYSIA?
disini sy mohon info dr bapak. apakah memang ada koin seperti itu ?

Terima kasih.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar/Testi/Komplain Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.